Tuesday, September 16, 2014

Revida Putri : India Jadi Negara Pertama yang Cicipi Android One




Google Umumkan Sistem Operasi Khusus Untuk Smartphone Murah
Sundar Pichai memperkenalkan Android One di acara Google I/O (theverge.com)


Liputan6.com, India - Google kembali mempersiapkan prosesi peluncuran produk hasil pengembangan miliknya. Produk baru yang siap diluncurkan Google kali ini merupakan yang pertama di bawah proyek bernama Android One. India dilaporkan sebagai negara pertama yang mencicipi Android One.

Produk yang diperkirakan berupa smartphone ini diluncurkan pertama kali di India. Seperti proyek Google sebelumnya, handset anyar tersebut bakalan masuk dalam kategori ponsel pintar dengan harga terjangkau dan menyasar pasar negara berkembang.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Reuters, Selasa (16/9/2014), smartphone berbasis Android itu bakalan dibanderol sekitar 6.399 rupee atau setara US$ 105. Google dikabarkan menggandeng beberapa perusahaan pembuat ponsel asal India yakni Micromax, Karbonn Mobiles, dan Spice.

Google memilih India karena dinilai memiliki pasar yang sangat besar. Sebuah laporan menyebutkan hanya 10% penduduk India yang sudah menggunakan smartphone. Hal ini menunjukkan sebagian besar pasar di negara itu potensial sebagai pembeli Android One untuk pertama kalinya.

Dalam penelitian baru-baru ini Pialang Nomura mengungkap angka potensi pasar yang besar di Negeri Hindustan itu akan mengalami peningkatan dua kali lipat dalam empat tahun ke depan.

Google bukanlan satu-satunya perusahaan yang sedang berusaha masuk ke pasar India. Setidaknya ada sekitar 80 merek smartphone yang ada sedang merangsek ke pasar India.

Proyek Android One baru diumumkan Google pada bulan Juni 2014. Tujuan Google melahirkan Android One adalah untuk meningkatkan permintaan smartphone Android di kelas menengah ke bawah dengan kualitas yang ditingkatkan.

No comments:

Post a Comment