Wednesday, September 24, 2014

5 Alasan Makan Pisang


5 Alasan Makan Pisang
-





















Di Indonesia, buah ini mudah didapat, harganya relatif murah, memiliki citarasa
yang bervariasi, dan bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Selain itu, banyak manfaatkesehatan yang Anda dapatkan dengan mengonsumsinya. Di antaranya adalah:

  • Meredakan stres. Jika Anda merasa stres atau gelisah, coba konsumsi pisang, ujarMolly Kimball, R.D., seorang ahli nutrisi di Ochsner’s Elmwood Fitness Centre, New Orleans. Hanya dengan 110 kalori dan 14 gram gula, sebuah pisang akan membuat Anda kenyang, mendongkrak kadar gula darah, dan menawarkan 30 persen dari kebutuhan harian vitamin B6, yang akan membantu otak memproduksi serotonin yang menenangkan Anda.
  • Penjaga jantung. Dengan kadar potasium mencapai 400 miligram dalam sebuah pisang berukuran sedang, buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Potasium telah terbukti sangat baik untuk memelihara fungsi otot dan saraf serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium pada pisang cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot saat berolahraga.  
  • Snack sehat. Dengan hanya 110 kalori, Anda bisa  mendapatkan 3 gram serat dari pisang. Serat membantu tubuh Anda melancarkan proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Pisang juga menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi tubuh. Dan bagusnya, pisang tidak mengandung lemak dan kolesterol. 
  • Amankan pencernaan. Pisang adalah sumber zat mangan. Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 miligram mangan, sementara Anda hanya membutuhkan 1,8 - 2,3 mg mangan per hari. Zat mangan ini penting untukkesehatan tulang dan metabolisme tubuh. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah penyakit maag kambuh.
  • Tulang kokoh. Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Komponen ini memungkinkan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Ini berarti pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda tulang yang kuat. Kandungan potasium pada pisang juga membantu Anda mencegah hilangnya kalsium, yang otomatis meminimalkan risiko Anda terserang osteoporosis di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment